Friday, August 30, 2013

BAZMA PEDULI KESEHATAN KHITAN 250 ANAK DHUAFA

| No comment
Khitan merupakan bagian dari syariat Islam. Khitan dalam agama Islam termasuk bagian dari  fitrah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
الْفِطْرَةُ خَمْسٌ – أَوْ خَمْسٌ مِنَ الْفِطْرَةِ – الْخِتَانُ وَالاِسْتِحْدَادُ وَتَقْلِيمُ الأَظْفَارِ وَنَتْفُ الإِبْطِ وَقَصُّ الشَّارِب
Fitrah itu ada lima perkara : khitan, mencukur bulu kemaluan, menggunting kuku, mencabut bulu ketiak, dan mencukur kumis “  (H.R Muslim 257).
Yang dimaksud dengan fitrah merupakan ajaran agama para Nabi ‘alaihimus salam. Imam Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan, “ Fitrah ada dua jenis. Pertama adalah fitrah yang berkaitan dengan hati, yaitu ma’rifatullah (mengenal Allah) dan mencintai-Nya serta mengutamakan-Nya lebih dari yang selain-Nya. Kedua yaitu fitrah amaliyyah, yaitu fitrah yang disebutkan dalam hadits di atas. Fitrah jenis yang pertama menyucikan ruh dan membersihkan hati sedangkan fitrah yang kedua menyucikan badan. Keduanya saling mendukung dan menguatkan satu sama lain. Yang utama dan pokok dari fitrah badan adalah khitan”.
Dalam penelitian kesehatan seseorang yang telah di khitan tubuhnya akan bersih baik dari kotoran dan najis (sisa-sisa setelah membuag air seni karena bisa menyebabkan penyakit)
Ada beberapa pendapat masalah keterkaitan khitan, para ulama berpendapat sbb :
Pendapat pertama      : Khitan hukumnya wajib bagi laki-laki dan wanita.
Pendapat kedua          : Khitan hukumnya sunnah bagi laki-laki dan wanita.
Pendapat ketiga          : Khitan hukumnya wajib bagi laki-laki dan sunnah bagi wanita.

    Yang lebih tepat, hukum khitan bagi laki-laki adalah wajib. Imam Ibnu Qudamah rahimahullah berkata, “Khitan hukumnya wajib bagi laki-laki , dan merupakan kemuliaan bagi wanita namun hukumnya tidak wajib. Ini merupakan pendapat mayoritas para ulama”. Inilah pendapat yang dipilih oleh Imam Asy Syu’bi, Rabi’ah, Al Auza’i, Yahya bin Sa’id Al Anshari, Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad, dan ulama-ulama lainnya rahimahumullah. Wallahu’alam bisshawab semua pendapat tersebut intinya semua menuai kebaikan tentulah kita bisa memahami dengan seksama.

Oleh karena itu Bazma yang merupakan lembaga zakat yang mengelolah zakat para karyawan PT. Pertamina EP Asset 2 punya kewajiban tentunya untuk melaksanakan kegiatan khitanan massal bagi anak-anak yatim dan dhufa. Untuk saat ini biaya khitan relative cukup mahal bagi mereka yang tidak mampu harus membayar Rp. 500.000. Demi memberikan kemudahan dan memberikan pelayanan yang baik bagi keluarga kurang mampu Bazma Asset 2 pun bekerja sama dengan pihak RS. PP Kota Prabumulih untuk melaksanakan kegiatan social ini. Bazma Asset 2 pun bergerak cepat dengan mensurvei dan mendata untuk mendapatkan anak-anak yang akan di khitan karena bertepatan dengan waktu liburan sekolah. Akhirnya sebanyak 250 anak pun siap di khitan.

Pada tanggal 23-24 Desember 2013 kegiatan ini pun dilaksanakan yang bertempat di gedung Bina Ria 1 Komperta Prabumulih. Acara pun di buka dengan sambutan Ketua Pelaksana Bpk. Asep Suparman dimana beliau menyampaikan “Bahwa Bazma telah mensurvei anak-anak dari keluarga kurang mampu sebanyak 250 anak hamper dari seluruh wilayah Prabumulih dan beliau juga melaporkan program-program Bazma Asset 2 lainnya. “ Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh GM PT. Pertamina EP Asset 2 yang saat itu diwakilkan oleh Bpk. Ali Michrozidj beliau menyampaikan “Kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif beliau mencontohkan Bahwa wajibnya seorang muslim di khitan itu telah dilakukan Nabi Ibrahim As ketika beliau di khitan pada umur 80 tahun. Tidak lupa beliau juga mengingatkan kembali “Untuk para karyawan Pertamina khususnya lingkungan Asset 2 untuk terus membayar dan meningkatkan zakat agar kegiatan sosial dan bermanfaat seperti ini bisa berlanjut lagi.” Setelah beliau menyampaikan sambutannya acara dilanjutkan dengan penyerahan souvenir dan uang santunan secara simbolis kepada anak-anak yang terlebih dahulu telah di khitan, penyerahan simbolis dilakukan oleh PJS GM Asset 2, dan Tim Manajemen yang juga hadir memeriahkan acara tersebut. Kemudian khitanan ini berlangsung selama 2 hari.

Tim Medis RS. PP dan relawan Bazma Asset 2 bekerja keras dan tulus sehingga kegiatan sosial ini berjalan tanpa kurang sesuatu apapun hingga pada akhirnya kegiatan khitanan ini selesai. Ketua Bazma, Ketua pelaksana, serta perwakilan dari Tim Medis RS. PP menutup kegiatan ini dengan ramah tamah, Saat itu ketua pelaksana Asep Suparman yang sekaligus mewakilkan Ketua Bazma menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim medis dan tim relawan yang telah bekerja sama dengan baik, dari laporan tim medis bahwa jumlah anak yang di khitan bertambah menjadi 253 anak namun ketiga anak yang lainnya ini akan di lakukan tahapan operasi dahulu karena adanya penyakit hernia, dan kelainan saluran kemih. Ibu Ami selaku perwakilan tim medis juga menyampaikan “Alhamdulillah kegiatan kita berjalan lancar kami harap kerja sama antara Bazma dan pihak RS. PP Bukan kegiatan ini saja namun kegiatan sosial lainnya juga akan bisa di jalin bersama”.  Ya semoga kegiatan yang telah dilaksanakan ini menjadi nilai ibadah bagi kita semua terutama bagi mereka yang telah berzakat melalui Bazma PT. Pertamina EP Asset 2. Aamiin Ya Rabbal Allamiin

Penulis : Ruri Zazili
Gambar : Maher Humas



Tags : ,

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda

BERITA TERBARU

Join Twitter

Like Facebook

Popular Posts

APP BAZMA FOR ANDROID