Friday, May 18, 2012

BANTUAN PEMBUDIDAYAAN IKAN LELE KAMPUNG KERINCI

| No comment
Program yang berfungsi untuk suatu pemberdayaan ekonomi umat adalah BSU (Bantuan Sarana Usaha). Program ini sangat membantu sekali untuk mengentas kemiskinan walaupun sedikit demi sedikit. Untuk bulan ini Bazma meluncurkan bantuan untuk kelompok tani pembudidayaan ikan lele yang ada dikampung kerinci Kel. Prabujaya. Bazma memberikan bantuan berupa dana sebesar Rp.13.280.000 untuk kelompok petani kampung kerinci. Bantuan ini telah melingkupi bahan-bahan material pembuatan kolam berjumlah 4 kolam (media terpal), bibit ikan sebanyak 4000 ekor, pangan dan juga termasuk upah bagi petani/3 bulan. Bantuan ini diharapkan mampu membangun perkonomian masyarakat kurang mampu terutama pada kelompok tani pembudidaya ikan lele ini. 
Efran yang merupakan ketua kelompok tani yang bermata pencaharian sebagai buruh bangunan dan juga tukang ojek mengucapkan banyak terima kasih kepada Bazma yang telah memberikan bantuan ini. Dengan modal pengalaman yang telah didapatkan dari membudidayakan ikan lele punya sahabatnya yang saat itu telah berhasil panen dua kali telah menjadi langkah awal untuk memulai usaha ini. Efran pun membentuk kelompok tani yang berjumlahkan 5 orang yang merupakan orang-orang pilihan tentunya dari keluarga tidak mampu dan juga telah pernah membudidayakan ikan lele. Setelah mendapatkan bantuan ini Efran pun langsung membangun tempat usaha ini di lahan yang tidak cukup luas namun mampu membangun 4 buah kolam dengan ukuran 2x4 meter, selama 4 hari mereka pun berhasil membangunnya. 
Tibalah saat penyebaran benih yang dihadiri oleh ketua Bazma. Penyebaran ini pun dilakukan oleh ketua Bazma Bpk. H. Nazori S sebagai simbolis. Setelah penyebaran benih Ketua Bazma menyampaikan pesan sebagai motivasi petani. “ Saya mengharapkan sekali usaha pembudidayaan ikan lele ini akan berhasil, kami dan pihak sekretariat Bazma akan memantau perkembangan usaha ini selama 3 Bulan kedepan. Setelah berhasil, pembudidayaan ini akan menjadi contoh bagi masyarakat kurang mampu yang lainnya juga untuk membudidayakan ikan lele ini dan bisa menghasilkan benih bibit sendiri. Dan yang kita harapkan lagi akan terjadi peluang besar bagi para petani ini untuk membantu keluarganya sehingga bisa menaikan taraf hidup perekonomiannya.” Setelah Ketua Bazma menyampaikan pesannya, Manager Bazma pun menambahkan “InsyaAllah untuk pemasaran ikan lele ini sangat baik sekali karena masih banyak sekali pengusaha makanan pecel lele, kolam pemancingan, pasar ikan dan pasar kalangan desa membutuhkan pasokan lebih dari jenis ikan lele ini dan tidak menutup kemungkinan juga bahwa lele ini pun bisa di olah sendiri menjadi penganan yang tidak kalah enaknya dari jenis makanan lainya karena lele ini bisa dibuat menjadi keripik lele dan abon lele dan tentunya bernilai ekonomis”. Semoga bantuan usaha ini yang diambil dari dana zakat mampu mensejaterahkan masyarakat kurang mampu lainnya. Aamiinn Ya Rabbal Allamin
  • Penulis : Ruri Zazili
  • Gambar : Ruri Zazili
Tags :

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda

BERITA TERBARU

Join Twitter

Like Facebook

Popular Posts

APP BAZMA FOR ANDROID