May 18, 2012

INFAQ DAN SEDEKAH PILIH YANG MANA?

| 2 Comments

Dalam Islam, infaq dan sedekah memang anjuran dari Allah SWT. Jadi mending dua-duanya...
Apa bukti infaq dan sedekah itu dianjurkan Allah SWT?
Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 254 dan 267 yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman
, belanjakanlah (dijalan Allah) sebagian dari rezeki yang telah kami berikan kepadamu sebelum datang hari yang pada hari itu tidak ada lagi jual beli dan tidak ada lagi persahabatan yang akrab dan tidak ada lagi syafaat dan orang-orang kafir, itulah orang-orang dzolim. (QS. Al-Baqarah : 254)”
“Wahai orang-orang yang  beriman! Infaqkanlah sebagian hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya, melainkan dengan memancing mata (enggan) terhadapnya dan ketahuilah bahwa Allah Maha kaya dan Maha terpuji (QS. Al-Baqarah : 267)”
Dan juga Rosulullah bersabda : setiap persendian manusia mempunyai beban bersedekah pada setiap hari saat matahari terbit.
Dalil diataslah yang menjadi bukti bahwa manusia diharuskan berinfaq dan bersedekah.
Memang dalil infaq dan sedekah sama saja, hanya saja jika infaq berkaitan dengan materi, sedangkan sedekah bisa dengan materi dan non materi. Jadi tidak perlu menungu waktu kita kaya.
Kurang lebih pengertiannya yaitu : Infaq adalah memberikan uang secara terus-menerus (menafkahkan) sedangkan sedekah yaitu memberikan sewaktu-waktu ketika ada harta berlebih dan ada kesempatan.
Adapun tingkatan sedekah menurut para ulama ada tiga yaitu ?
1. Kamilun : bersedekah dengan harta yang paling baik disertai rasa ikhlas semata-mata karena Allah Swt dan tanpa pamrih.
2. Mutawasshitun : bersedekah tapi masih memilih antara harta  yang baik dan yang buruk kemudian yang buruk disedekahkan sedangkan yang baik disimpan.
3. Kharisun : bersedekah disertai perasaan ingin dipuji atau riya’
Termasuk tingkatan yang mana kita?
                                                           
Sumber : http://elfharizykh.blogspot.com

Tags :

2 comments:

  1. Demi ALLAH.. KAngen Nian AQ sm BAZMA.... TEMEN2 Saia Uda JARANG disna SEMUA... jdi GAK ada TEMEN deh PAsti kL MO MAMPir Skrng.... huffff (SEDIH)

    ReplyDelete
  2. ini siapa? tolong sertakan nama/email...
    oiya ke Bazma aja teman2 relawan dan teman2 Bazma masih sering kumpul di Bazma...

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentar anda

BERITA TERBARU

Join Twitter

Like Facebook

Popular Posts

APP BAZMA FOR ANDROID