Sep 3, 2012

BANTUAN USAHA TERNAK ITIK UNTUK PETERNAK DI KEL. SUKARAJA

| No comment

Sebanyak 88 itik petelur diberikan untuk 3 orang peternak itik yang ada di kelurahan sukaraja. Salah satu peternak tersebut adalah Bpk. Hajar  beliau memiliki kemampuan dalam beternak itik namun saja ketergantungan modal usaha yang masih sangat sulit didapat. Dengan pengalaman yang ada pada dirinya beliau berusaha mendapatkan bantuan modal usaha ini dengan memberikan pangajuan proposal yang diberikan kepada Bazma melalui dana zakat dari Pertamina.

Akhirnya melalui pensurveian yang dilakukan pengawas lapangan dan tim survei Bazma bahwa, Bpk. Hajar dan kedua orang temannya sangat layak untuk mendapat bantuan ini karena dipantau dari segi ekonomi, kemauan, pengalaman dan juga lahan yang sangat cocok berupa rawa-rawa untuk beternak itik. Bazma pun mewujudkan impian Bpk. Hajar dan teman-temannya tersebut. Bazma melalui program BSU (Bantuan Sarana Usaha) memberikan bantuan berupa bahan-bahan material untuk pembuatan kandang, pangan, itik dan juga upah peternak. Dan dana yang disalurkan adalah sebesar   Rp. 11. 400.000.

Diharapkan melalui bantuan usaha tersebut peternak ini akan sukses dan bisa meringankan beban ekonomi keluarga. Karena Bazma tidak hanya mengharapkan dari penghasilan telur saja yang bisa dijadikan telur asin tetapi Bazma juga mengharapkan akan ada pembibitan anak-anak itik ini dan di besarkan sehingga bisa juga dijual untuk peternak-peternak lain ataupun dijual ke rumah makan.

Dan Bazma tidak hanya memberikan bantuan ini secara cuma-cuma, Bazma memberikan pantauan terhadap perkembangan itik ini selama 6 bulan kedepan melalui pengawas lapangan yang sudah ditunjuk. Dan Bazma juga memberikan pelatihan-pelatihan kepada peternak dengan mendatangkan orang yang lebih ahli dalam peternakan itik ini jika nantinya dalam beternak ini terdapat masalah.  Semoga Allah memberikan kemudahan dalam usaha-usaha ini sehingga semakin banyak pula pengangguran bisa terbantu dengan dibukanya lapangan pekerjaan walaupun masih dalam tahap percontohan untuk peternak lain.

  • Penulis : Ruri Zazili

  • Gambar : Angga Renaldy


Tags :

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda

BERITA TERBARU

Join Twitter

Like Facebook

Popular Posts

APP BAZMA FOR ANDROID