Jan 12, 2018

GM ASSET 2 PEP "MARI RAIH KEBERKAHAN HARTA DENGAN BERZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH

| No comment
GM ASSET 2 PEP "MARI RAIH KEBERKAHAN HARTA DENGAN BERZAKT, INFAQ DAN SHODAQOH
Muhammad Al Ghazali pernah membuat perumpamaan yang mengibaratkan kecintaan seseorang kepada hartanya seperti binatang buas yang siap menyerang jiwanya. Jelaslah bahwa seseorang akan mendapatkan dampak yang buruk bagi kehidupannya di dunia ataupun di akhirat nanti jika ia terlalu cinta hartanya.

Kita memang dianjurkan untuk mencari harta atau memperkaya diri namun tetap ada rambu-rambunya. Jika kita sudah memiliki harta yang berkecukupan dan sudah wajib untuk dikeluarkan zakat, maka hendaknya jangan kita tunda untuk menunaikannya.

Selain sebagai kewajiban, menunaikan zakat juga bentuk rasa syukur kita atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT. Zakat mampu mensucikan harta kita dan tentu jika kita sudah berzakat maka akan kita raih keberkahan hidup dan juga keberkahan pada harta kita. Siapa yang tak ingin memiliki harta yang penuh berkah?

GM Asset 2 Pertamina EP bapak Ekariza pun menyadari betul bahwa sebagian harta yang dimiliki seseorang yang kategorinya mampu ada hak orang lain yang hidupnya kesusahan. Oleh karena itu ada peran zakat yang sangat besar untuk mengimbanginya.

Tim Bazma yang menemui beliau di ruang kerjanya banyak berbincang-bincang tentang potensi zakat, infaq dan shodaqoh yang ada di wilayah Asset 2 Pertamina EP ini. Menurutnya potensi ZIS di Asset 2 Pertamina EP ini sangat besar.

“Mungkin saya mengetahui baru sekitar 25% saja karyawan muslim berzakat melalui Bazma, namun saya tidak ingin berburuk sangka, mungkin saja mereka menyalurkan secara langsung”.

Ditambahkannya lagi, “Mungkin juga mereka sudah berniat untuk berzakat namun belum berkesempatan karena ada alasan tertentu,  oleh karena itu saya berharap tim Bazma bisa secara langsung menjemput zakat mereka termasuk dengan sosialisasi atau terus mengingatkan mereka”.
Selain  itu, peran  dari  Manager di beberapa fungsi manajemen perusahaan Pertamina EP Asset 2 untuk mengajak para karyawan-karyawan muslim segera menunaikan zakatnya melalui Bazma Asset 2 sangatlah penting. “Mengajak berbuat baik itu kan ibadah” ucapnya.

Bapak Ekariza juga mengatakan potensi zakat, infaq dan shodaqoh itu tidak hanya besar dari para karyawan-karyawannya saja, tetapi dari pekarya-pekarya di wilayah Asset 2 Pertamina EP ini pun sangat besar. Menurutnya lebih kurang 1500 pekarya yang ada di perusahaan ini bisa turut andil untuk berbagi bersama melalui Bazma Asset 2.

“Saya rasa kalaupun gaji para pekarya ada yang belum terkena wajib zakat, setidaknya mereka juga bisa berinfaq dan bershodaqoh ke Bazma, entah berapapun itu, yang pasti akan sangat berperan untuk membantu saudara-saudara kita yang kurang mampu”. 

Ketika  tim Bazma mengatakan apa motivasi beliau sehingga bisa seperti sekarang ini, beliau terdiam sejenak, kemudian bapak Ekariza mengatakan, “Semua ini karena do’a, do’a dan do’a dari orang-orang disekitar kita khususnya masyarakat di kota Prabumulih ini yang telah mengantarkan saya seperti ini”. 

Dikatakannya “Melalui bantuan-bantuan yang telah digulirkan baik dari CSR atau zakatnya karyawan kepada mereka, membuat mereka begitu ikhlas mendo’akan kita ataupun mendo’akan perusahaan ini dan do’a mereka diijabah oleh Allah SWT”. 

Selain itu, berbagi dengan sesama juga kunci kesuksesan dari kehidupan beliau. Beliau mengatakan jangan takut berbagi atau mengeluarkan harta di jalan Allah, karena Allah SWT akan membalas atau menggantinya, baik dibalas secara langsung, satu tahun, dua tahun atau nanti dibalasNya kepada keturunan-keturunan kita. Namun menurutnya berbagi juga bukan hanya dari sisi materi saja tetapi bisa juga dengan kebaikan lainnya.

Beliau sempat bercerita pengalamannya mengajar di Akamigas, aktif diberbagai struktur organisasi seperti Osis dan aktif di organisasi semasa kuliah yang telah menumbuhkan rasa kepedulian dari dalam dirinya dan itu juga bagian dari berbagi dengan sesama.

Diakhir bincang-bincang tim Bazma dengan bapak Ekariza, beliau berpesan dan mengajak seluruh pekerja dan pekarya muslim yang mencari nafkah di perusahaan tercinta ini agar tidak lupa terus beribadah dan banyak bersyukur agar nikmat dari Allah SWT terus bertambah.

Menurutnya setiap target perusahaan yang telah tercapai tentu bukan karena usaha kita saja, ada do’a orang lain yang membantu kita. InsyaAllah kedepannya target tersebut akan selalu tercapai jika kita bekerja dengan ikhlas dan mengeluarkan sebagian harta kita di jalan Allah SWT, terutama untuk masyarakat yang ada disekitar daerah operasi Asset 2 Pertamina EP.

Khususnya kepada pengurus dan relawan Bazma Asset 2, beliau berpesan agar bekerjalah dengan amanah, karena amanah itu tidak ternilai harganya. Beliau berharap akan selalu ada laporan-laporan yang sampai ke Muzzaki atau pekerja Asset 2 Pertamina EP. Dan dia meyakini jika di perusahan ada lembaga zakat, infaq dan shodaqoh seperti Bazma ini, maka perusahaan tersebut juga akan merasakan keberkahan dan kesuksesan. “BAZMA HARUS SELALU ADA MENDAMPINGI PERUSAHAAN INI”. ucap beliau sembari mendo’akan agar semua yang bekerja di perusahaan ini selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.
Tags :

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentar anda

BERITA TERBARU

Join Twitter

Like Facebook

Popular Posts

APP BAZMA FOR ANDROID